Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Link Download Logo HUT RI ke-78 Untuk 17 Agustus 2023 Lengkap Format JPG, PNG, Vektor dan PDF

logo-hut-ri-ke-78

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 untuk Peringatan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2023 telah resmi dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara, lengkap dalam format JPG, PNG, Vektor dan PDF.

Dalam logo tersebut, tema besar yang diusung pada HUT RI ke-78 adalah "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

Mengutip dari Pedoman Identitas Visual Publik 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia, melalui tema besar tersebut mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Sementara itu, Logo HUT RI ke-78 memiliki makna rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan. Bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Logo Peringatan HUT RI ke-78

Konsep visual logo HUT RI ke-78 untuk Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2023 terdiri dari enam elemen yaitu :

Estafet - Tongkat Estafet digambarkan pada garis padat horizontal yang bermakna Teruskan. Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.

Terus Melaju - Angka 7 berbentuk arah panah keatas yang bermakna Gerak Maju. Arah panah keatas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

Pancasila - Terbentuk dari 5 garis melengkung yang bermakna Pancasila. 5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

Tanggung Jawab Bersama - Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang bermakna Tanggung Jawab Bersama. Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

Keberlanjutan - Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus. Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

Globalisasi - Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi). Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Penggunaan Logo Peringatan HUT RI ke-78

download logo hut ri ke 78

Penggunaan yang Benar :

  1. Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten
  2. Orientasi, warna, dan komposisi harus mengikuti aturan yang tertulis di dalam pedoman logo, tanpa pengecualian.

Penggunaan yang Salah :

  1. Dilarang meletakkan logo pada area foto yang ramai.
  2. Dilarang meletakkan logo pada area foto yang tidak kontras.
  3. Dilarang mengubah orientasi logo selain horizontal.
  4. Dilarang menambahkan efek bayangan pada logo.
  5. Dilarang menampilkan logo dalam bentuk garis.
  6. Dilarang mengubah proporsi logo.
  7. Dilarang mengubah komposisi warna logo.
  8. Dilarang mengubah warna logo di luar palet warna.
  9. Dilarang mengubah komposisi logo.
  10. Dilarang menambahkan efek apapun pada logo.
  11. Dilarang merubah jenis huruf pada logo.
  12. Dilarang memasukkan foto atau pola ke dalam logo.
  13. Dilarang menempatkan logo terlalu dekat dengan logo lainnya.
  14. Dilarang merubah warna logo menjadi gradasi.

Bagi Anda yang ingin menggunakan logo resmi HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 dapat mengunduh file dengan format JPG, PNG, Vektor dan PDF melalui link berikut ini :

Link Download Logo HUT RI ke-78