Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Browser Android, Akses Internet Jadi Mudah dan Lancar

aplikasi browser android

Browser merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting, terutama untuk memudahkan setiap penggunanya mengakses internet. Menariknya, ada banyak aplikasi browser Android yang bisa Anda gunakan.

Pada dasarnya, browser sudah menjadi salah satu aplikasi bawaan. Dengan kata lain, setiap merek smartphone Android sudah memilikinya.

Meskipun begitu, beberapa pengguna masih merasa kurang puas dengan browser yang ada pada Androidnya. Melihat hal tersebut, tak ada salahnya jika Anda mengunduh dan menginstal beberapa browser lainnya.

5 Aplikasi Browser Android

Browser-browser ini bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduhnya melalui Play Store. Berikut ini adalah deretan aplikasi browser yang bisa Anda pilih.

1. Google Chrome

Berbicara mengenai aplikasi browser, sudah barang tentu, Google Chrome menjadi salah satunya. Google Chrome merupakan aplikasi browser yang sangat populer.

Bahkan di setiap merek smartphone sudah terpasang aplikasi browser satu ini. Sebagai browser yang banyak digunakan, Google Chrome ini menyediakan berbagai macam fitur.

Salah satunya adalah fitur Data Saver. Melalui fitur ini, Anda bisa lebih menghemat data, dan akses internet Anda juga akan semakin cepat.

Tak hanya itu, bagi pengguna yang memiliki akun Google, juga bisa mendapatkan sinkronisasi data dari browser Google Chrome ini melalui komputer. Misalnya saja seperti, riwayat, tab, username, password, dan lain sebagainya. Tentu saja, hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam menggunakan dan memanfaatkan Google Chrome.

2. Mozilla Firefox

Aplikasi browser Android lainnya yakni Mozilla Firefox. Sejatinya, aplikasi browser ini lebih umum Anda gunakan melalui komputer maupun PC.

Namun, Mozilla Firefox ini juga bisa Anda gunakan melalui perangkat Android. Tak jauh berbeda dengan browser sebelumnya.

Dengan beragam fitur yang Mozilla Firefox tawarkan, mampu memberikan pengalaman browsing yang luar biasa kepada setiap penggunanya. Lebihnya lagi, Firefox telah menjadi salah satu perusahaan internet dengan tingkat kepercayaan yang baik dalam bidang privasi.

Dengan begitu, ketika Anda menggunakan aplikasi ini untuk browsing, maka sudah tak perlu Anda ragukan lagi tingkat keamanannya.

3. Opera

Opera merupakan salah satu aplikasi browser yang menawarkan berbagai macam fitur. Bahkan, fiturnya ini terbilang lengkap dan fungsional.

Sebagai salah satu browser yang cukup populer, Opera telah merilis beberapa browser di Play Store sekaligus. Sebut saja seperti Opera, Opera Mini, hingga Opera Touch sebagai browser terbarunya.

Berbeda dengan Opera, Opera Mini mempunyai beberapa kekurangan dari segi penggunaannya. Sedangkan Opera Touch, masih belum mempunyai fitur selayaknya fitur pada Opera.

Selain itu, Opera juga memiliki tampilan speed dial beserta dengan rekomendasi situsnya. Tak hanya itu saja, Opera ini juga mendukung beberapa hal penting lainnya. Seperti themes, data saving, night mode, dan lain sebagainya.

Sebagai browser yang bisa selalu Anda andalkan, Opera ini juga mendukung sinkronisasi melalui browser desktop.

4. UC Browser

UC Browser merupakan salah satu aplikasi browser Android yang memiliki berbagai macam fitur untuk memudahkan Anda mengakses internet. Aplikasi browser ini menjadi web cerdas yang mengutamakan kebutuhan setiap penggunanya.

Melalui browser ini, Anda bisa mencari berbagai macam atau hal-hal yang ingin Anda tahu. Misalnya saja video, gambar, artikel, maupun berita terbaru lainnya.

Beberapa fitur yang ada pada browser ini antara lain, unduhan pintar, mode cepat, mode malam, ADBlock, dan lain sebagainya. Melalui fitur-fitur ini, Anda bisa mengakses internet dengan lebih cepat.

5. Samsung Internet Browser

Mungkin, bagi sebagian pengguna, aplikasi browser satu ini kurang familiar. Padahal, Samsung Internet Browser ini tak kalah menarik untuk Anda gunakan.

Aplikasi browser ini memiliki penampilan yang sederhana. Sehingga, semakin memudahkan Anda saat menggunakannya.

Tak hanya itu saja, browser ini juga memiliki berbagai macam fitur dengan kemampuan canggih. Fitur-fitur tersebut misalnya, night mode, download manager, dan jenis fitur lainnya. Menariknya lagi, aplikasi browser ini sudah mendapatkan dukungan Gear VR.

Pada dasarnya, semua aplikasi browser Android tersebut sama baiknya. Namun, masing-masing browser memiliki ukuran yang berbeda. Dengan begitu, tak  ada salahnya jika Anda menggunakan salah satu browser tersebut sesuai spesifikasi Android milik Anda. Sehingga, penggunaannya akan lebih maksimal.